Petugas Haji Daker Makkah Gelar Upacara HUT ke-71 Kemerdekaan RI

By Admin

nusakini.com-- Jam menunjukkan pukul 08.00 waktu Arab Saudi (WAS) ketika para petugas haji Daerah Kerja (Daker) Makkah berkumpul dan bersiap menggelar upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71. 

Mentari yang sudah mulai naik dan mengantarkan hawa hangat, tidak menyurutkan semangat sekira 100 orang petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Makkah. Digawangi Jayadi, petugas haji dari unsur TNI, selaku komandan upacara, prosesi peringatan Proklamasi berjalan lancar. 

Suasana khidmat semakin terasa seiring naiknya Sang Saka Merah Putih diiringi syahdu lagu Indonesia Raya. Hening pun merasuk bersamaan Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat selaku Inspektur Upacara membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan. Dilanjutkan dengan pembacaan UUD 1945 oleh Aulia Maulida, petugas haji dari unsur tenaga musiman (temus) yang saat ini sedang kuliah di Yordania. 

Angan para peserta upacara dibawa dalam buai cinta dan rindu Tanah Air oleh untaian doa yang dibawakan oleh Koordinator Konsultan Bimbingan Ibadah Daker Makkah, Aswadi. 

"Ya Allah Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai ridha-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari-hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata. Mantapkan langkah kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini," demikian Aswadi melangitkan harapan yang diamini para petugas yang siap mendarmabaktikan diri sebagai pelayan tamu-tamu Tuhan. 

Ditemui usai pelaksanaan upacara, Arsyad Hidayat mengatakan bahwa sebagai warga Negara Indonesia yang baik, keluarga besar PPIH Arab Saudi juga merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71, meski sedang berada di Arab Saudi. Peringatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat buat seluruh petugas yang sedang bertugas di kota Makkah. 

"Kemerdekaan RI ini diperoleh atas kekuatan, upaya, dan semangat para pahlawan. Tidak sedikit dari mereka adalah para hujjaj, jemaah haji yang sepulang melaksanakan ibadah haji mengobarkan semangat kemerdekaan Indonesia," terangnya, Rabu (17/08). 

"Peringatan kemerdekaan ini diharapkan memicu semangat petugas dalam melayani jemaah haji. Sebab, perjuangan melayani jemaah begitu berat. Untuk itu, kita tumbuhkan semangat kebersamaan, patriotisme, dan kekeluargaan. Kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia," tandasnya. 

Selain di Makkah, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71 juga diselenggarakan oleh Petugas PPIH Arab Saudi Daker Airport Jeddah - Madinah dan Petugas PPIH Daker Madinah. Upacara dilaksanakan bersamaan di kantor Daker Madinah. (p/ab)